Ribut-Ribut Perihal Ukur Tinggi Pemain IBL

OlahragaNews.com – Tinggi pemain IBL, khususnya para pemain asing di Indonesian Basketball League (Liga Basket Indonesia), tengah jadi perbincangan hangat. Pasalnya, ada beberapa pemain asing yang disinyalir memiliki tinggi yang berbeda dengan data yang masuk di liga.

Sebelum kita bahas lebih jauh soal aturan tinggi pemain IBL, ada sebuah peraturan yang harus kita ketahui. Liga mengatur setiap tim wajib memiliki dua pemain asing. Satu pemain di posisi big man dengan tinggi badan bebas.  Satu lagi, harus diisi pemain yang maksimal memiliki tinggi badan 188 cm.

Selisih Tinggi Bryquis Perine

Masalah pertama datang ketika Bryquis Perine dipulangkan oleh pihak IBL. Pemain anyar Hangtuah ini ‘dipaksa’ pulang karena tidak memenuhi syarat tinggi badan yang telah ditetapkan liga. Ternyata, data yang diterima dari agen Perine berbeda dengan hasil yang didapat dari hasil pemeriksaan fisik resmi dari pihak IBL. Kata sang agen, pemain berusia 30 tahun itu memiliki tinggi 188 cm, sementara dari hasil cek fisik, tingginya mencapai 190 cm.

Akibatnya, sang pemain dipulangkan. Agennya di blacklist. Hangtuah hanya bisa manyun karena urung dapat pemain baru.

Pelita Jaya vs IBL, Soal Kendal Yancy

Persoalan tinggi pemain IBL tidak berhenti sampai disitu. Ribut-ribut masalah tinggi badan ini juga melibatkan dua tim Jakarta, Pelita Jaya dan Stapac.

Pelita Jaya belum lama ini mengajukan surat resmi ke IBL untuk menggugat pengukuran ulang kepada salah satu pemain Stapac, Kendal Yancy. Pihak Pelita Jaya yakin bahwa Kendal Yancy yang didapuk sebagai small man, memiliki tinggi lebih dari 188 cm. Pelatih Pelita Jaya, Fictor Roring menyatakan secara kasat mata Yancy terlihat lebih tinggi dari salah satu pemainnya, Amin Prihantono, yang memang memiliki tinggi 188 cm.

IBL sendiri menolak tuntutan Pelita Jaya untuk melakukan pemeriksaan ulang kepada Yancy. Dilansir dari kompas.com, direktur IBL Hasan Gozali menyatakan pemeriksaan fisik Yancy pada awal kedatangannya sudah sesuai prosedur. Hasilnya pun valid, sesuai dengan hasil tes yang dilakukan di Rumah Sakit Royal Progress.

Pihak Stapac Jakarta juga mengamini pernyataan IBL. Mereka merasa Kendal Yancy tidak menyalahi aturan liga. Tinggi badan Yancy sesuai dengan peraturan, yaitu 188 cm.

Beda Tinggi Yancy Versi IBL dan G League NBA

Jika dilihat di laman G League NBA yang mencantumkan data-data para pemainnya, memang ada perbedaan tinggi Yancy. Kendal Yancy yang di laman ini berstatus sebagai pemain Austin Spurs, tercatat memiliki tinggi 6,3 kaki atau sama dengan 191 cm.

Lalu, bagaimana dengan klaim IBL yang menyatakan tinggi Yancy hanya 188 cm? Akankah Yancy bernasib sama dengan Perine? Kita nantikan babak selanjutnya dari ribut-ribut ukur tinggi pemain IBL ini!

Malila Nilakandi

likeable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *