3 Catatan Penting dari Kesuksesan PSG Bungkam MU di Old Trafford

OlahragaNews.com – Sentuhan magis Ole Gunnar Solskjaer akhirnya terhenti. Manchester United dipaksa menyerah 0-2 ketika menjamu Paris Saint-Germain pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Old Trafford, Rabu (13/2) dini hari WIB.

United sebenarnya menatap laga ini dengan rasa percaya diri yang cukup tinggi. Selain tak terkalahkan dalam 11 pertandingan di semua kompetisi, sang lawan juga tak diperkuat dua pemain andalan Neymar dan Edinson Cavani.

Namun fakta berbicara lain ketika laga berjalan. Secara statistik, justru tim tamu yang sedikit lebih unggul, dari segi penciptaan peluang maupun penguasaan bola. Skuat asuhan Solskjaer bahkan hanya mampu menciptakan satu peluang tepat sasaran dari 10 kali tembakan. Sementara PSG memiliki lima tembakan menyusur target yang dua di antaranya berbuah gol.

Les Parisiens membuka skor lewat upaya Presnel Kimpembe pada menit 53. Berawal dari situasi sepak pojok yang dilepaskan Angel Di Maria, Kimpembe mudah saja mengonversi umpan menjadi gol karena tak mendapat kawalan. Dan hanya tujuh menit berselang, Kylian Mbappe berhasil menggandakan keunggulan tim tamu.

Nasib sial seakan menghigapi United di laga ini. Selain kehilangan dua winger Anthony Martial dan Jesse Lingard, mereka juga harus bermain dengan 10 pemain setelah Paul Pogba mendapatkan kartu kuning kedua di pengujung laga.

PSG Tanpa Dua Pemain Andalan, Mbappe Unjuk Gigi

Kylian Mbappe punya reputasi besar, bahkan sebelum tampil di Old Trafford. Seperti diketahui, penyerang 20 tahun itu merupakan salah satu kekuatan inti dalam upaya Prancis meraih juara Piala Dunia 2018. Di usia saat ini, Mbappe bahkan sudah memiliki dua gelar Ligue 1 dan masing-masing satu trofi Coupe de France serta Coupe de la Ligue.

Ketenangan dan penempatan posisi di area pertahanan lawan menjadi ciri khas permainan Mbappe. Hal inilah yang terlihat ketika ia mencetak gol kedua untuk keunggulan PSG kontra Manchester United. Mbappe berani berduel dengan Eric Bailly dan Victor Lindelof hingga mendapatkan waktu yang tepat untuk mencocol bola.

Wasit Italia Musuh Old Trafford

Wasit asal Italia, Daniele Orsato terlihat begitu royal dalam memberikan kartu, lima kartu kuning dikeluarkan selama babak pertama yang dua di antaranya untuk pemain United, Ashley Young dan Paul Pogba.

Namun sang pengadil membuat publik Old Trafford murka ketika ia tak memberikan dua kartu kuning ketika Presnel Kimpembe dengan jelas melakukan pelanggaran dua kali, terhadap Jesse Lingard di babak pertama dan Marcus Rashford setelah babak kedua tak lama berjalan.

Kemarahan kian memuncak saat Kimpembe ternyata mampu membawa PSG unggul pada menit 53, usai memanfaatkan umpan tendangan sudut Angel Di Maria. Namun United juga beruntung, karena Ashley Young tak mendapatkan kartu kuning kedua setelah mendorong Di Maria keluar lapangan.

Pogba Tak Berkutik

Penampilan Paul Pogba terus menanjak sejak kepergian Jose Mourinho, mencetak delapan gol dan lima assit dalam 10 penampilan di semua kompetisi. Namun itu semua terasa tak ada artinya di laga kontra PSG.

Publik Old Trafford tentu sangat berharap Pogba bisa mendominasi lini sentral dan memberikan pengaruhnya terhadap penggawa United lain. Namun mantan pemain termahal dunia ini kesulitan mengembangkan permainan.

Performa Pogba bahkan lebih buruk dari dua gelandang United lainnya, Nemanja Matic dan Ander Herrera. Dilansir laman statistik Whoscored, Pogba hanya mampu mencatat operan sukses 76 persen. Semntara Matic 86 persen dan Herrera 95 persen. (Sumber: Mirror)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *